fungsi komputer server

27 Feb

Tugas Dan Fungsi Komputer Server

Fungsi komputer server dalam jaringan komputer adalah sebuah komputer yang terhubung ke jaringan komputer yang berfungsi mengontrol jaringan komputer. Komputer ini dapat mengakses semua komputer dalam jaringan. Tidak seperti komputer lain di jaringan, server adalah komputer khusus yang diatur untuk satu atau lebih tujuan.

Sebagai contoh, pengguna dapat men-setup server untuk otentikasi dan mengizinkan atau melarang user mengakses jaringan, mengirim/menerima file, e-mail, mengelola dan cetak pekerjaan, atau sebagai host sebuah website.

Karena server umumnya melayani kebutuhan 24 jam maka server dalam skala jaringan besar biasanya tidak pernah dimatikan. Oleh karena tugasnya yang berat maka komputer server diciptakan secara khusus. Apakah semua komputer bisa jadi server? Untuk skala besar tidak, tetapi untuk skala kecil misalnya laboratorium sekolah, komputer klien dengan penambahan memori dan processor lebih besar sudah cukup untuk dijadikan server.

  1. Tugas Utama Komputer Server

    Tugas dan fungsi komputer server sangat tergantung pada penggunaan komputer server. Saya akan jelaskan klasifikasi dari server, pada tahap berikutnya.

    1. Toko aplikasi dan database yang dibutuhkan oleh komputer jaringan.
    2. Menyediakan fitur keamanan komputer.
    3. Melindungi semua komputer yang terhubung ke menggunakan firewall.
    4. Menyediakan alamat IP untuk untuk perangkat yang terhubung jaringan. Sebuah alamat IP adalah nomor unik dalam format yang xxx, dimana x berupa nomor 1 sampai 3 digit, yang digunakan untuk mengenal setiap komputer dalam jaringan.
  2. Fitur Server

    Server yang Anda pilih untuk organisasi Anda, harus memenuhi kondisi tertentu. Harus memiliki ukuran memori atau RAM yang cukup besar untuk menampung jumlah query yang dijalankan oleh komputer klien. Misalnya pada lab komputer ada 50 komputer siswa yang member query sekaligus maka server akan sangat sibutk.

    Aspek berikutnya adalah kecepatan prosesor. Kecepatan prosesor biasanya diukur dalam Giga Hertz dan perlu memadai untuk menjalankan semua perintah yang diminta oleh user. Kecepatan prosesor yang optimal sangat mutlak karena diperlukan untuk menyediakan fasilitas multitasking. Kapasitas penyimpanan hard drive dari komputer server, perlu cukup besar untuk dapat menyimpan semua data. Dalam sebuah jaringan, pengguna komputer umumnya menyimpan informasi pada komputer server agar mudah untuk berbagi.

  3. Jenis Server

    Berbagai jenis server komputer dapat dikategorikan dalam dua kategori utama.

    1. Dedicated Server

      Jenis dan fungsi komputer server ini melakukan fungsi tertentu, seperti hosting situs web. Ada berbagai layanan web hosting, yang menggunakan dedicated server untuk situs web hosting. Pada pembayaran sejumlah uang tertentu, Anda dapat meng-upload halaman web Anda pada server komputer mereka. Mereka akan melakukan tugas hosting website Anda. Jenis ini server harus sangat kuat karena mereka harus menangani lalu lintas web yang mencoba untuk mengakses halaman web yang terkandung di dalamnya.

    2. Shared Server

      Sebuah komputer Shared Server adalah server biasa, yang digunakan dalam jaringan, untuk beberapa pengguna. Sejumlah besar aplikasi, database dll yang tersimpan di dalamnya. Pengguna yang berbeda terhubung ke server dan mengakses server tergantung pada kebutuhan mereka. Server ini tidak perlu sama seperti dedicated server. Contoh yang paling umum untuk jenis server ini adalah server aplikasi. Fungsi komputer server aplikasi menyimpan semua informasi yang diperlukan oleh orang-orang di dalam jaringan. Di banyak organisasi, karyawan sering diberikan terminal dummy. Ini berarti bahwa, mereka memiliki keyboard komputer dan monitor komputer, tetapi seluruh proses dan penyimpanan dilakukan pada fungsi komputer server. Komputer klien tidak memiliki hard disk individu, sebaliknya mereka menyimpan data pada hard disk server komputer.


Gambar Komputer server dalam skala kecil (lokal)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: